Investasi Emas & Property

Banyak orang melompat kekayaannya bukan karena kerja keras dan cerdas saja, namun mereka tau dan melakukan investasi yang aman dan tepat sasaran walau posisi mereka hanya sebagai pegawai biasa dengan gaji yang biasa pula.
Menabung memang bukan perkerjaan yang salah, dengan menabung di bank syariah anda bisa saja produktif. Sekarang mari kita bandingkan dengan menabung untuk kategori Properti dan Emas.

Menabung ke Properti salah satu investasi yang sangat aman, hanya beresiko ketika terjadi seperti “lumpur sidoarjo” :D selain itu anda dijamin untung, walau tetap masih ada resiko-resiko kecil seperti kebakaran kalau itu berupa bangunan, namun aset tanah yang anda miliki tidak akan hilang.

Menabung ke Emas batangan pilihan kedua investasi yang sangat aman, hanya beresiko “dicuri” jika anda lengah dan kurang hati-hati menyimpannya. Dengan menyimpan di bank syariah atau tempat yang adan anggap aman, jelas itu adalah tabungan yang beranak dengan sendirinya tanpa anda rawat dan sirami :-)

Nah sekarang mari kita “kawin”kan dua objek tadi ke dalam suatu sistem yang jitu dengan mekanisme yang simpel dan mudah. Contohnya begini:

Cari dulu properti bercash back. Cash backnya dibelikan emas. Lakukan FLIP atas properti. Gunakan emas untuk cicilan selama proses FLIP belum OK atau properti yang dibeli belum dijual kembali.
Bingung? Begini ilustrasinya :)

Perumahan Woodland Townhouse di Kota Depok, seharga 500 juta. Padahal harga sebenarnya 390 juta. Maka uang muka 20% atau 120 juta “seolah-olah” dibayarkan ke developer padahal tidak. Sehingga KPRnya senilai 480juta. Yang dibayarkan ke developer berapa? 390juta bukan. Berarti ada cashback 90 juta. Sampai disini ada yang tanya?

Cashback 90juta dibelikan emas. Jika emas 430ribu (biar gampang ngitungnya) maka Anda akan memperoleh 209 gr. Simpan emas di bank syariah biar aman, atau tempat yang anda anggap aman, lalu…..
Lakukan penjualan kembali properti Anda (flipping) dengan harga misalkan 500jt (mengingat kerugian akibat pinalti jika pelunasan lebih cepat). Jual emas sebagian untuk mencicil angsuran selama properti belum terjual. Atau siapkan dana untuk cicilan angsuran selama 6 bulan (terserah mau berapa bulan. Bisa diambil dari cash back (berarti emasnya tidak seharga 90jt) , atau bisa disiapkan terpisah. Ketika laku, properti Anda hilang. Tapi emas Anda bisa utuh atau sedikit berkurang. Dan Anda tinggal menikmati keuntungan berinvestasi di emas. Mudah bukan? Invest nyaris tanpa modal jadinya….

Leave a Reply