Cara Memulai bisnis hotel

Cara Memulai bisnis hotel

Memulai bisnis hotel memang tak mudah, apalagi jika Anda tak memiliki modal yang besar. Mungkin siasatnya harus membangun hotel kecil dengan budget yang minim. Padahal menurut Direktur Ciputra Property, Artadinata Djangkar, memulai bisnis hotel murah dianggap sudah tak layak, karena sudah mahalnya harga lahan di Indonesia apalagi di wilayah strategis. Inilah yang membuat mereka yang memulai bisnis hotel murah akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mendapatkan keuntungan atau balik modal.

Namun, bukan berarti Anda tak bisa membangun sebuah hotel untuk bisnis Anda, bukan? Mungkin dana yang Anda miliki tak banyak. Namun, bisa disiasati dengan meminjam beberapa persen dari dana yang dibutuhkan kepada bank syariah. Seperti apa memulai bisnis hotel?

Lokasi
Lokasi memang menjadi hal utama dalam memulai bisnis ini. Lokasi yang aman dan strategis banyak dicari oleh orang. Mungkin Anda berpikir untuk memulai bisnis di kota-kota wisata besar, misalnya Yogyakarta atau Bali. Boleh saja, akan tetapi ada hal yang harus Anda ketahui. Menurut Badan Pusat Statistik, wilayah besar seperti Bali dan Yogyakarta sudah dianggap berlebihan dalam jumlah hotel di sana. Di Bali saja sudah disesaki sekitar 4.700 kamar pada 2013 dan 4.100 kamar pada 2014-2016, sehingga menggenapi jumlah 34.226 kamar. Coba Anda bayangkan jika Anda memaksa untuk tetap membuat sebuah hotel di sana. Padahal Indonesia bukan hanya punya Bali dan Yogyakarta saja, ‘kan? Pilihlah lokasi yang banyak dikujungi oleh wisatawan tetapi masih minim fasilitas hotelnya.

Konsultan Hotel
Karena masih awam saat memulai bisnis di bidang ini, maka jangan lupakan peran konsultan hotel yang akan lebih memudahkan bisnis Anda. Melibatkan konsultan hotel tentu akan mengurangi beban pekerjaan Anda dan bisa membantu perihal biaya yang harus Anda keluarkan. Dan konsultan hotel pula yang bisa membantu perizinan saat pembukaan hotel Anda.

Gunakan Arsitek
Jika modal Anda cukup besar, jangan lupa gunakan jasa arsitek agar bisa mewujudkan interior yang Anda inginkan. Dengan jasa seorang arsitek, Anda bisa memaksimalkan ruangan dengan biaya yang efisien.

Seperti Rumah
Mungkin memang Anda tak memiliki modal yang besar, selain itu tak semua wisatawan mampu membayar penginapan mahal. Dua hal itulah yang menjadi alasan Anda membuat hotel kecil. Sebaiknya buat hotel seperti nuansa rumah dengan fasilitas yang lengkapnya sama dengan hotel, misalnya kamar mandi dalam, AC, Wi-fi, sarapan. Namun, jangan lupa untuk memperbaikinya terlebih dahulu. Karena ada beberapa motel dengan fasilitas buruk. Padahal jika Anda menjaga fasilitas dan terus diperbaiki, wisatawan banyak yang mengincar.

Saat Membuka Hotel
Jangan lupa untuk merekrut pegawai yang berkompeten agar bisnis hotel Anda berjalan baik. Jika perlu, lakukan training dulu agar pegawai mengerti bagaimana prosedur dalam hotel tersebut. untuk pengenalan hotel Anda, jika memang bisa, undang surat kabar lokal atau nasional sebagai promosi gratis hotel Anda.

gunakan sistem informasi yang handal dan teruji saya hanya merekomendasikan ini saja sistempenginapan.com

Leave a Reply