belajar bisnis kondotel

belajar bisnis kondotel

Apa itu kondotel?

Istilah kondotel merupakan gabungan dari kondominium dan hotel, merupakan bangunan dengan bentuk seperti apartemen tetapi dikelola oleh manajemen hotel tertentu. Kondotel memiliki tempat tidur, kamar mandi dan wardrobe selayaknya hotel berbintang dan furniture lengkap senyaman hotel. Beda dengan apartemen adalah kita tidak usah repot mencari penyewa karena sudah diurusi pihak manajemen hotel. Pemilik tidak bisa tinggal di kondotel seenaknya karena sudah dianggap disewakan, akan tetapi biasanya pemilik diberi jatah tertentu untuk menginap gratis per tahun biasanya selama 21 hari. Beda dengan hotel adalah masyarakat bisa memiliki kamar-kamar yang dijual.

Mengapa perlu melirik bisnis kondotel?
Kondotel menawarkan pendapatan pasif yang menggiurkan di tengah pertumbuhan pusat bisnis dan pariwisata.

Berbeda dengan apartemen sewa, kondotel tampil murni sebagai produk investasi yang menawarkan model pemilikan unit kondominium untuk dikelola seperti hotel. Investor tak perlu repot memikirkan cara mengoperasikan atau mencari penyewa karena unit yang sudah dibeli akan dikelola oleh operator hotel.
Model investasi kondotel juga memiliki perbedaan dibandingkan dengan rumah tinggal (landed house). Jika investor rumah menitikberatkan pada keuntungan modal (capital gain) dari kenaikan harga jual rumah, investor kondotel mengedepankan keuntungan rutin dari nilai sewa unit.
Saat ini, pertumbuhan harga residensial atau rumah tinggal rata-rata 15-20 persen dari nilai investasi per tahun meski tidak semua rumah untuk segmen menengah atas mengalami pertumbuhan nilai jual tinggi. Jika rumah itu disewakan, nilai sewanya hanya tumbuh 3-4 persen per tahun.
Hal itu berbeda dengan kondotel yang menawarkan nilai sewa 8-12 persen dari nilai investasi per tahun selama masa jaminan sewa (guarantee rental), yakni 2-5 tahun. Selepas masa jaminan sewa berakhir, pendapatan sewa bagi investor akan bergantung pada kinerja operasional hotel secara keseluruhan yang memengaruhi pembagian keuntungan tahunan antara pemilik dan operator hotel.
Keuntungan kondotel terdiri dari :
1. Bunga pre-development
Bila kita membeli kondotel saat pre launching maka kita akan mendapatkan bunga dari nilai yang kita bayarkan karena saat itu bangunan fisik kondotel belum dibangun. Besarnya bunga antara 8-24 % per tahun.

2. Keuntungan Operasional
Saat kondotel sudah selesai dibangun maka baru dapat dioperasikan. Keuntungan didapat dengan sistem bagi hasil, ada yang 80 : 20, 60 : 40 sampai 50 :50.

3. Capital Gain
Seperti kita ketahui harga properti cenderung meningkat sehingga seperti properti pada umumnya maka setelah beberapa tahun bisa kita jual dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan saat membeli.

4. Bonus, diskon dan freestay
Bonus didapat saat membeli misalkan gadget bahkan ada yang memberi bonus gratis mobil bila membeli beberapa unit. Diskon didapat bila kita membeli saat prelaunching atau cash keras. Freestay : dengan membeli condotel kita bisa merasakan tinggal di ruang senyaman hotel dengan fasilitas hotel berbintang selama beberapa waktu tertentu dengan gratis.

Investor yang berniat melakukan jual beli unit Kondotel masih berpeluang meraih keuntungan jika melakukan transaksi pembelian pada awal pembangunan proyek atau masa pra-penjualan (pre-sales) untuk dijual kembali sewaktu proyek dipasarkan. Besarnya keuntungan modal dari jual-beli unit ini sangat bergantung pada lokasi, mutu proyek, dan pengembang.

Leave a Reply